jenis-jenis teleskop bintang

saat kalian ingin mengamati benda-benda langit berupa bintang, planet ataupun bulan dengan jelas pasti kita membutuhkan alat bantu untuk melihatnya agar tampak lebih jelas yang sering kita sebut telescope. dengan telescope kita bisa mengamati benda-benda langit dengan cukup jelas dibanding melihatnya hanya dengan mata saja, karena memang mekanisme telescope menggunakan beberapa lensa yang disusun dengan perhitungan khusus sehingga menghasilkan bayangan yang diperbesar untuk kita lihat dengan jelas. telescope memiliki tipe atau jenis-jenis yang berbeda, diantaranya;

1.telescope REFRACTOR


 telescope jenis ini menggunakan 2 buah lensa yang dipasang diujung telescope ( lensa objective) dan dipangkal telescope (lensa okuler) atau eyepiece untuk mata. panjang telescope ini dipengaruhi oleh penjumlahan dari panjang jarak fokus lensa objective dan panjang fokus lensa okuler. cara kerja telescope tipe ini harus memiliki jarak fokus lensa objektive yang lebih panjang dibanding jarak fokus lensa okuler. semakin panjang jarak fokus lensa objective dan semakin pendek jarak fokus lensa okuler maka telescope akan memiliki kemampuan perbesaran yang tinggi dan semakin panjang ukuran telescopenya artinya bintang maupun planet yang terlihat kecil akan lebih jelas dilihat dengan menggunakan telescope yang memiliki angka perbesaran tinggi.

2. telescope REFLECTOR


telescope tipe ini memiliki ukuran yang lebih ringkas jika dibandingkan dengan telescope refractor, mengapa? karena, mekanisme perbesaran yang berbeda dengan telescope refractor. telescope ini memiliki cermin berbentuk parabolic atau bentuknya seperti cekungan mangkuk, yang fungsinya untuk "memantulkan" bayangan benda yang masuk ke cermin pemantul, inilah alasan mengapa telescope ini disebut reflector atau pemantul. setelah memantulkan bayangan ke cermin pemantul yang terletak di tengah tabung telescope bayangan diteruskan kelensa okuler atau eyepiece untuk dilihat dengan mata yang berupa perbesaran bayangan benda. teleskcope ini sering juga disebut newtonian telescope.

3. telescope CATADIOPTRIC


sekilas akan terlihat sama dengan telescope reflector telescope ini juga memiliki cermin parabolic yang berfungsi memantulkan bayangan dan memfokuskan ke cermin kedua yang berada di tengah lubang tabung lensa tetapi cermin ke-2 telescope catadioptric tidak memantulkan bayangan ke arah samping sisi tabung telescope melainkan kearah belakang telescope yang diteruskan ke lensa eyepiece. telescope ini sbisa juga disebut dobsonian telescope. mekanisme telescope ini sama seperti yang digunakan oleh  satelit telescope hubble diluar angkasa milik badan antariksa amerika serikat NASA.

itulah penjelasan singkat mengenai tipe-tipe telescope. untuk selanjutnya akan ada artikel baru yang lebih menarik untuk dibaca . terimakasih....

Komentar